Home » » Jaksa Agung Mesir Dipecat

Jaksa Agung Mesir Dipecat


Jaksa Agung Mesir Dipecat
Abdel Maguid Mahmoud
Liputan6.com, Kairo: Presiden Mesir Mohamed Moursi memecat Jaksa Agung Abdel Maguid Mahmoud dan mengangkat Talaat Ibrahim sebagai Jaksa Agung baru. Ini merupakan pemecatan kedua kalinya setelah pemberhentian sebelumnya pada Oktober lalu untuk dijadikan Duta Besar untuk Vatikan, namun ditolak oleh Maguid Mahmoud.

Talaat Ibrahim pun langsung diambil sumpah oleh Presiden pada Kamis (22/11/2012) malam (Jumat dini hari WIB). Pemecatan tersebut menimbulkan reaksi dari beberapa kalangan, termasuk tokoh penggerak revolusi Mohamed Elbaradei dan Sekretaris Jenderal Liga Arab yang juga saingan politik Moursi dalam pemilihan presiden pada Juni lalu.

Massa dari kalangan pemuda pro-reformasi pada Kamis malam berkumpul di Bundaran Tahrir dan meneriakkan yel-yel penolakan mereka terhadap pemecatan tersebut.

Jaksa Agung Abdel Maguid Mahmoud yang diangkat sejak era presiden terguling Hosni Mubarak itu dianggap sebagai pro-rezim lama, sehingga dalam sejumlah kasus perkara korupsi dan penyelewengan kekuasaan dianggap lemah dalam penuntutannya.

Hukuman ringan dan pembebasan sejumlah pejabat era rezim lama yang diadili, seperti Mubarak dan dua anaknya, mantan Menteri Dalam Negeri Habib Al Adly, dianggap akibat ulah dari Jaksa Agung. Massa yang menolak pemecatan itu menyerukan akan berunjuk rasa sejuta umat di Bundaran Tahrir pada Jumat ini.(Ant)
Share this article :

Categories

SEMUA LABEL

Recent Posts

Templates Updates

Selengkapnya »

Recent Templates

Selengkapnya »

Action Movies

More on this category »

Random Post

Berita
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. krikilanku - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger