Home » » Ini Cerita warga Yahudi soal Gaza

Ini Cerita warga Yahudi soal Gaza


Israel dan Hamas menyepakati gencatan senjata, Rabu, 21 November 2012, setelah pertempuran selama delapan hari, yang dianggap tersengit dalam empat tahun terakhir, meletup.


Dengan gencatan senjata itu, Israel tidak melancarkan serangan udara ke Gaza. Sedangkan Hamas tidak meluncurkan roket ke Israel. Selama delapan hari peperangan, 130 warga Palestina tewas. Sedangkan dari pihak Israel, lima orang mati.


Tempo mewawancarai warga Israel, David Degenerat, untuk mengetahui kondisi terkini di Israel dan Palestina, Rabu. Pria berusia 35 tahun ini tinggal di Tel Aviv dan merupakan dedengkot band hardcore Mahleket Hanikot Shotrim (Mahash). David juga pendiri label Boshet Records.




Wawancara dilakukan melalui surat elektronik beberapa jam sebelum gencatan senjata disepakati. Berikut ini wawancaranya.
Bagaimana kondisi di Palestina dan Israel setelah hari kedelapan serangan Israel ke Gaza?

Tampaknya bakal ada gencatan senjata. Namun saya ingin menjelaskan kondisinya dalam beberapa hari terakhir. Saya merasa kehidupan di Israel, terutama bagi kami di Tel Aviv, tidak berubah. Hari ini (Rabu), ada pengeboman di sebuah bus di Tel Aviv. Kendati ada pengeboman, di daerah yang terletak sekitar 40 kilometer dari Gaza ini, kehidupan berjalan seperti biasa. Memang ada beberapa roket yang dilontarkan ke kawasan Tel Aviv dan Yerusalem. Namun itu tidak menyebabkan kerusakan.

Jadi, selain sirene alarm yang menyalak sekali sehari dan banyak anak muda yang direkrut jadi tentara, kehidupan bergulir seperti biasa. (Tentu kami tidak direkrut. Kami menghindar dari wajib militer sejak beberapa tahun lalu). Di area sekitar Gaza, sekolah-sekolah ditutup dan warga sekitar bertahan di pengungsian. Namun, kondisi di Gaza jauh lebih buruk. Saya rasa perbedaan terbesar antara kami dan mereka (warga Palestina di Gaza) adalah warga di Israel selatan bisa bepergian ke utara. Bahkan ke luar negeri jika mereka mau atau bersembunyi di tempat persembunyian. Di Gaza, tidak ada pilihan seperti itu.

Apa pendapat Anda mengenai serangan Israel terhadap Hamas?

Serangan itu tai kucing. Gencatan senjata sudah disiapkan sebelum serangan. Saya rasa pemimpin Israel memutuskan untuk menyerang sekarang karena mereka ingin perang sebelum pemilihan umum pada Januari nanti. Mereka ingin mendapat dukungan warga Israel agar saat pemilu yang disorot masalah Palestina, bukan ihwal ekonomi dan lainnya.

Musim panas lalu, (Perdana Menteri Israel Benyamin) Netanyahu selalu sesumbar untuk mengebom Iran. Dia memikirkan bagaimana kami melakukannya sebelum pemilu Amerika Serikat agar kami didukung Amerika. Namun, faktanya, itu tidak terjadi sebelum pemilu Amerika Serikat. Bukannya menyerang Iran, mereka justru membombardir Gaza. Itu tai kucing.

Bagaimana reaksi warga Israel terhadap serangan Israel terhadap Gaza?

Saya ingin mengemukakan sesuatu tentang pandangan warga Israel terhadap warga Palestina. Saya yakin mayoritas warga Israel tidak mendukung pendudukan dan pembangunan permukiman Israel di wilayah Palestina. Jika tidak ada ancaman dari warga Palestina, warga Israel pasti berpendapat, “Mengapa harus ada upaya perdamaian? Toh semuanya baik-baik saja bagi kami sekarang”. Tapi, ketika ada ancaman keamanan, jawabannya adalah, “Tentu kami sekarang tidak bisa menciptakan perdamaian, kan mereka menyerang kami!”

Warga Israel juga tidak mau dibandingkan betapa kuatnya kami ketimbang warga Palestina. “Kami tidak bisa hidup dengan serangan roket dari Gaza”. Tai. Memangnya kamu pikir warga Gaza bisa hidup seperti ini? Ada sebelas warga Israel tewas akibat roket itu dalam tiga tahun terakhir. Namun, ada berapa banyak warga Gaza yang tewas akibat serangan Israel kali ini? Lebih dari seratus untuk pekan ini!

Setelah gencatan senjata, mayoritas warga Israel mengatakan, “Mengapa kamu meneken gencatan senjata? Seharusnya kami terus melakukan itu. Sebab, kenapa kamu merekrut tentara jika sekarang mereka tidak akan digunakan”.

Hal-hal seperti itu! Mengapa? Apa yang akan Anda dapatkan? Mencaplok Gaza lagi? Menghancurkan Hamas? Menurut kamu, siapa yang akan menggantikan Hamas? Orang-orang yang mencintai Israel? Dasar bodoh.

Menurut Anda, apa solusi terhadap kondisi seperti itu?

Saya rasa tidak ada solusi. Sekarang, setelah sepekan pembunuhan, kami kembali ke titik awal. Namun, dengan korban tewas 100 orang, Israel harus menghentikan gempuran ke Gaza dan menyetop pembangunan permukiman di Tepi Barat. Itu langkah pertama.

Setelah itu, baru kita bisa bicara, negosiasi, berdamai. Namun itu masih sangat jauh. Sebab, seperti yang saya katakan sebelumnya, tidak mungkin Israel melakukan itu. Saya rasa satu-satunya cara agar itu terwujud adalah jika negara-negara di dunia menekan Israel secara diplomatik dan ekonomi.

Apa yang Anda lakukan dengan situasi ini?

Ada beberapa demonstrasi terhadap serangan Israel terhadap Gaza. Demo itu dilakukan tidak hanya oleh kaum anarkis, tetapi juga oleh organisasi-organisasi sayap kiri. Kami juga ikut berpartisipasi. Namun saya rasa itu tidak terlalu berpengaruh untuk menghentikan serangan ataupun mengubah apa pun.

Bagaimana kondisi Israel dan Palestina setelah gencatan senjata?

Saya rasa kondisinya sekarang kembali normal. Warga tentara cadangan Israel kini bisa segera pulang ke rumah.

Apa pendapat kamu mengenai perjanjian gencatan senjata itu?

Saya rasa perjanjian ini tidak akan bertahan lama. Mungkin bakal ada serangan-serangan lagi beberapa tahun ke depan. Sebab, seperti yang saya katakan sebelumnya, gencatan senjata tidak mengubah apa pun.

Apa yang harus dilakukan Israel dan Hamas untuk mengakhiri konflik itu?

Pemerintah Israel seharusnya mulai berunding dengan Hamas (langsung ataupun tidak langsung) untuk mengakhiri pengepungan Gaza. Pemerintah Israel juga seharusnya berbicara dengan Otoritas Palestina. Itu juga harus diiringi dengan penyetopan pembangunan permukiman warga Israel di Palestina. Tapi, saya rasa itu tidak akan terjadi.

Menurut saya, ketika tidak ada kekerasan, pemerintah Israel akan mengatakan, ‘kenapa harus ada yang berubah’. Namun, Ketika ada kekerasan, responsnya justru lebih keras lagi.

Lansir:TEMPO ONLINE
Share this article :

Categories

SEMUA LABEL

Recent Posts

Templates Updates

Selengkapnya »

Recent Templates

Selengkapnya »

Action Movies

More on this category »

Random Post

Berita
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. krikilanku - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger