Home » , » Cara Menampilkan Tautan Atau Tombol Navigasi Pada Halaman Blog Tertentu

Cara Menampilkan Tautan Atau Tombol Navigasi Pada Halaman Blog Tertentu


Tombol Navigasi Artikel Blog


Ketika berkunjung serta selesai membaca artikel yang diterbitkan pada sebuah blog dan kemudian ingin membaca artikel yang lainnya, maka hal yang biasa saya lakukan adalah melihat daftar artikel yang terdapat pada kolom artikel terkait, artikel populer, atau daftar isi. Dengan cara demikian maka menjadi lebih mudah bagi saya untuk menemukan artikel yang saya inginkan, bila dibandingkan dengan cara mengeklik tombol navigasi halaman yang terletak di atas footer (seperti yang tampak pada gambar contoh tautan dan tombol navigasi di atas). Dan bisa jadi teknik seperti ini pula lah yang biasa Anda gunakan saat berkunjung pada blog tertentu untuk membaca artikel yang diterbitkan pada blog tersebut.

Secara teknis keberadaan tombol navigasi (seperti yang tampak pada gambar di atas) dalam sebuah blog memang sangat diperlukan. Karena dengan adanya bagian tersebut maka akan mempermudah pengunjung dalam melakukan navigasi ketika sedang berada di halaman tertentu. Sebagai contoh misalnya ketika pengunjung sedang berada dalam halaman artikel dan kemudian ingin kembali ke halaman utama, maka yang bersangkutan tinggal mengeklik tautan atau tombol beranda yang terdapat di bawah artikel yang saat itu dibuka sehingga prosesnya pun menjadi lebih cepat.

Namun demikian bila desain halaman blog telah memungkinkan pengunjung untuk melakukan navigasi secara mudah, maka tidak ada salahnya bila kolom navigasi standar yang biasa terletak di atas footer tersebut dihilangkan dan hanya ditampilkan pada halaman tertentu. Dengan cara ini tentu saja akan memberikan beberapa keuntungan tersendiri, yang antara lain misalnya tampilan blog tampak lebih rapi dan loading halaman pun akan menjadi lebih ringan karena tidak perlu menayangkan gambar untuk ditampilkan sebagai tombol navigasi.

Nah, berbicara mengenai tombol navigasi halaman, maka atas dasar itulah akhirnya saya tidak menampilkan bagian tersebut karena saya yakin desain halaman pada blog ini telah memungkinkan pengunjung untuk melakukan navigasi secara mudah. Oleh sebab itu pula lah Anda tidak akan mendapati adanya tombol navigasi halaman pada blog ini, terkecuali jika Anda mengeklik salah satu label artikel yang terdapat dalam kolom kategori.

Lantas yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, “bagaimana cara menyembunyikan kolom navigasi dan kemudian menampilkannya pada halaman tertentu saja?”. Untuk keperluan tersebut, maka Anda dapat melakukannya dengan cara mengerjakan langkah-langkah di bawah ini secara berurutan.

Pertama, buka editor template dengan cara mengeklik menu ‘Template’ > ‘Edit HTML’ > ‘Lanjutkan’ > ‘Expand Template Widget’.

Kedua, cari <b:include name='nextprev'/> dan kemudian ganti kode tersebut dengan menggunakan rangkaian kode di bawah ini.
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;error_page&quot;'>
<b:else/>
  <b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'>
    <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
    <b:else/>
      <b:if cond='data:blog.pageType != &quot;static_page&quot;'>
        <b:include name='nextprev'/>
      </b:if>
    </b:if>
  </b:if>
</b:if>


Ketiga, simpan template.
Dengan menggunakan teknik tersebut, maka kolom tautan atau tombol navigasi tak kan lagi ditampilkan di beranda blog, halaman artikel, error page, maupun halaman statis, dan hanya akan ditampilkan jika salah satu label atau kategori artikel yang ada diklik. Sebagai demo atas penerapan teknik tersebut, Anda dapat membandingkannya dengan cara mengeklik beberapa tautan di bawah ini.

Semoga berguna, bermanfaat, dan apabila mengalami kesulitan dalam mengimplementasikan teknik yang diuraikan di atas, maka silakan ajukan pertanyaan mengenai kesulitan yang Anda alami dengan cara mengeposkan komentar dalam artikel ini.
Salam.


Share this article :

Categories

SEMUA LABEL

Recent Posts

Templates Updates

Selengkapnya »

Recent Templates

Selengkapnya »

Action Movies

More on this category »

Random Post

Berita
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. krikilanku - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger